Sistem Informasi Pengelolaan DAS (SIPDAS)

admin   27/07/2016   Comments Off on Sistem Informasi Pengelolaan DAS (SIPDAS)

Pada Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia  (Permenhut) Nomor P.67/Menhut-II/2014 tentang Sistem Informasi Pengelolaan DAS dijelaskan bahwa SIPDAS merupakan penyempurnaan dari e-DAS yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Bina Pengelolaan DAS dan Perhutanan Sosial bekerjasama dengan Environmental Service Programme (ESP) sejak tahun 2009. Sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2012, modifikasi dilakukan untuk peningkatan kemampuan sistem tersebut dengan melibatkan pakar infrastruktur data spasial.

Awal disipdas1kembangkannya sistem ini adalah adanya pemikiran mengenai kebutuhan sistem informasi yang dapat menampilkan data spasial, tabular, teks maupun image yang sudah menjadi kebutuhan bersama. Selain menampilkan data, sistem ini juga berfungsi sebagai tempat mengumpulkan data atau dengan kata lain sebagai sistem database, mengingat sarana penyimpanan data dalam bentuk digital akan lebih efektif dibandingkan penyimpanan data dalam bentuk hardcopy.

sipdas3

Pada awalnya, SIPDAS dibuat dengan program Visual Basic dan Map Object, bersifat stand alone atau tidak tergantung kepada software lain, sehingga bisa langsung di-install dan dioperasikan di personal computer (PC) ataupun laptop. Selain itu SIPDAS juga bersifat user friendly atau mudah digunakan dan dioperasikan oleh semua orang. Dalam perkembangannya, sesuai amanat pasal 65 ayat (1) yang menyatakan bahwa sistem tersebut harus dapat diakses oleh instansi terkait, maka sistem tersebut harus di-upgrade menjadi bersifat online sehingga berbasis web. Sesuai Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial, sistem tersebut merupakan bagian dari simpul data spasial nasional. Sebagai konsekuensinya, sistem online SIPDAS merupakan bagian dari portal WebGIS Kementerian Kehutanan.

sipdas2sipdas4

sipdas5

sipdas6

Sesuai Pasal 64 ayat 1 dan ayat 2 PP Nomor 37 Tahun 2012, SIPDAS dibangun oleh Kementerian Kehutanan pada tingkat Provinsi. Dan berdasarkan amanat tersebut,  maka SIPDAS dibangun oleh Kementerian Kehutanan, yang dalam pengoperasiannya dilaksanakan oleh Balai Pengelolaan DAS.

Link sipdas : http://sipdas.menlhk.go.id

(Wdy/evlap)