Merajut Kebersamaan Dalam Forum DAS Kalimantan Selatan Guna Menghijaukan DAS

MERAJUT KEBERSAMAAN DALAM FORUM DAS KALIMANTAN SELATAN GUNA MENGHIJAUKAN DAS

Peta DAS di wilayah kerja BPDASHL Barito meliputi Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah

Peta DAS di wilayah kerja BPDASHL Barito meliputi Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah

Forum koordinasi pengelolaan DAS telah diatur dalam Peraturan Menteri Kehutanan No. P.61/Menhut-II/2013 yang merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah No. 37 tahun 2012 tentang Pengelolaan DAS. Forum koordinasi pengelolaan DAS tersebut diwujudkan dalam bentuk Forum DAS, baik DAS lintas kab/kota, lintas provinsi maupun lintas negara. Forum DAS di wilayah kerja BPDASHL Barito yang telah terfasilitasi sebanyak 5 (lima) kelembagaan yaitu Forum DAS Provinsi Kalimantan Selatan, Forum DAS Kab. Tanah Laut, Forum DAS Kab. Hulu Sungai Selatan, Forum DAS Kab. Tabalong dan Forum DAS Kab. Kotabaru. Keberadaan Forum DAS Prov. Kalimantan Selatan ini merupakan salahsatu instrumen yang difasilitasi oleh Pemerintah guna mengarusutamakan pentingnya menjaga kesehatan dan kelestarian DAS Barito serta DAS-DAS disekitarnya demi efektivitas dan efisiensi pembangunan di masing-masing Kab/Kota yang dilintasi dan dipengaruhi oleh aliran Sungai Barito, Sungai Batulicin, Sungai Tabunio, Sungai Maluka, dan sungai-sungai lainnya. Tentunya kita semua berharap agar segala aspek pembangunan di Kab/Kota dapat mengakomodir karakteristik dan watak DAS yang telah menjadi urat nadi kehidupan masyarakat setempat secara turun-temurun. Kehadiran para pihak yang merupakan representatif dari masing-masing Satuan Kerja pada wilayahnya diharapkan dapat saling berbagi dan saling mendukung guna terwujudnya sinergitas dan kolaborasi dalam mewujudkan Pengelolaan DAS yang komprehensif, baik bagian Hulu, Tengah maupun Hilir.

Instansi daerah yang tergabung di dalam Forum DAS Prov. Kalimantan Selatan, sesuai Surat Keputusan Gubernur Kalsel Nomor 1188.44/0614/KUM/2012 tentang Pembentukan Forum Daerah Aliran Sungai, meliputi Setdaprop Kalsel, DPRD Provinsi Kalsel, Dinas Kehutanan, BAPPEDA, BLHD, Dinas PUPera, BBWS Kalimantan II, Universitas Lambung Mangkurat, Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, Dinas Pertambangan dan Energi, BMG Kalsel, Balai Rawa Kalimantan, PDAM Intan Banjar, PLTA Ir. PM. Noor, BPDASHL Barito, BPKH Wilayah V, Walhi, TVRI, Media Kalimantan, PT. Adaro Indonesia, PT. Arutmin Indonesia dan PT. Hasnur Group.

Direktur PEPDAS KemenLHK, Ir. Djati Witjaksono Hadi, MSi, beserta para peserta Pertemuan Forum DAS Kalimantan Selatan

Direktur PEPDAS KemenLHK, Ir. Djati Witjaksono Hadi, MSi, beserta para peserta Pertemuan Forum DAS Kalimantan Selatan

Pada pertemuan Forum DAS Prov. Kalimantan Selatan kemarin, yang digelar di Hotel Novotel Jln. A. Yani Km. 26 Banjarbaru pada Hari Selasa 15 November 2016, mensosialisasikan sekaligus membahas tentang Kebijakan Nasional Pengelolaan DAS Dan Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) oleh Direktur Perencanaan Pengelolaan DAS KemenLHK – Ir. Djati Witjaksono Hadi, MSi, Pengelolaan DAS Pada Agenda RPJMD Prov. Kalsel 2015-2019 oleh Kabid Ekonomi BAPPEDA Kalsel – Ir. HM. Solichin, MT, Progres Kinerja Forum DAS Kalsel Periode 2012-2016 oleh Ketua Forum DAS Kalsel – Ir. Kartasirang, MSi; dan Fasilitasi Forum DAS Di Wilayah Kerja BPDASHL Barito oleh Kepala BPDASHL Barito – Ir. H. Untung Lusianto, MSi. Adapun hal penting dalam kiprah Forum DAS Kalsel yang layak diangkat menjadi agenda kinerja Forum DAS periode berikutnya antara lain 1) belum terbitnya Peraturan Daerah tentang Pengelolaan DAS di Prov. Kalsel sebagai ujud internalisasi RPDAS Terpadu 2) belum dibentuknya Forum DAS Barito yang menjembatani pengelolaan DAS Barito Lintas Provinsi Kalselteng melalui SK Dirjen PDASHL (atas nama MenLHK) 3) ikut serta mengakomodir dan memberdayakan Forum Reklamasi Tambang dan Pokja Mangrove Hutan Pantai Prov. Kalsel 4) pemilihan SubDAS Terpilih untuk berkegiatan bersama sebagai Aksi Nyata Forum DAS 5) pemilihan dan penetapan Kepengurusan Forum DAS Kalsel periode 2016-2021 melalui Tim Formatur Terpilih yang telah ditunjuk.

Seluruh stakeholders berharap agar Forum DAS Kalsel dapat selalu eksis di Bumi Banua melalui Aksi Nyata yang benar-benar mendatangkan kemaslahatan bersama serta meningkatkan taraf hidup masyarakat DAS di Kalimantan Selatan. (Giri Suryanta, 2016)

2 thoughts on “Merajut Kebersamaan Dalam Forum DAS Kalimantan Selatan Guna Menghijaukan DAS

  1. Sri Kusumwati

    Assalamaualaikum, terima kasih atas info yang sangat menarik tentang Forum Das Kalimantan Selatan. Mohon info tentang kegiatan system informasi pengelolaan DAS di kalimantas selatan. Informasi seperti apakah yang telah dikumplkan dan dipublikasikan?
    Trims.
    Sri Kusumawati

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.