Workshop Pengendalian dan Penanggulangan Kebakaran Lingkup Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Barito tahun 2017

Kebakaran hutan dan lahan merupakan permasalahan rutin yang terjadi setiap musim kemarau hampir di seluruh wilayah Indonesia khususnya di Kalimantan dan tidak terkecuali di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng).  Untuk melakukan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di daerah ini diperlukan kerjasama semua pihak. Baik antara pemerintah, masyarakat dan pelaku usaha yang bergerak di bidang kehutanan, perkebunan dan pertambangan.

Workshop Karhut 1

Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Barito pada tahun ini telah memfasilitasi terbentuknya Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Brigdalkarhutla) untuk mendukung KPH yang berbasis Hutan Lindung di wilayah kerja Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Barito.  KPH yang dimaksud adalah KPH Hulu Sungai (Kabupaten Hulu Sungai Selatan-Hulu Sungai Tengah dan Tapin-Kalsel) , KPH Balangan (Kabupaten Balangan-Kalsel) dan KPH Gerbang Barito (Kabupaten Barito Selatan-Kalteng).  Pembentukan Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan didukung oleh Surat Keputusan Kepala Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung nomor: SK.173/BPDASHL.Brt-1/2017 tanggal 3 Juli 2017. Dengan terbentuknya Brigdalkarhutla, diharapkan pembakaran lahan dapat berkurang.   Selain menanggulangi, Brigdalkarhutla diharapkan juga dapat melakukan pencegahan pembakaran lahan.

Dengan latar belakang tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Barito melaksanakan Workshop Pengendalian dan Penanggulangan Kebakaran Lingkup Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Barito tahun 2017.  Diharapkan workshop ini dapat mencetak anggota brigade   yang tanggap dan tangguh agar dapat mengatasi berbagai problem terkait kebakaran hutan dan lahan.

Workshop Pengendalian dan Penanggulangan Kebakaran Lingkup Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Barito Tahun Anggaran 2017 dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 28 sampai dengan 30 Agustus 2017.  Bertempat di Hotel Banjarmasin Internasional di Banjarmasin, sedangkan untuk lokasi praktik dilaksanakan di Kawasan Liang Anggang.

Workshop Karhut-2

Peserta Workshop Pengendalian dan Penanggulangan Kebakaran Lingkup Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Barito Tahun Anggaran 2017 berjumlah 40 (empat puluh) orang yang berasal dari anggota Brigdalkarhut yang dibentuk oleh KPH Hulu Sungai, KPH Balangan dan KPH Gerbang Barito

Maksud dan tujuan penyelenggaraan Workshop Pengendalian dan Penanggulangan Kebakaran Lingkup Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Barito tahun 2017 adalah untuk peningkatan kapasitas kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) anggota Brigdalkarhutla yang bertugas di KPH berbasis lindung di wilayah kerja Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Barito.

Workshop Karhut-3

Workshop mencakup pelatihan fisik dan mental sehingga diharapkan dapat memotivasi untuk menjadi regu pengendali kebakaran hutan dan lahan yang tanggap dan tangguh.  Serta menjadi rimbawan yang cinta pada lingkungan dan pelindung bagi Negara, berkaitan dengan perlindungan terhadap hutan. (Nng/Program)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.