Kunjungan BPDASHL Barito ke BPTH II Sulawesi dan BPDASHL Brantas

KUNJUNGAN BPDASHL BARITO KE BPTH II SULAWESI DAN BPDASHL BRANTAS

Berdasarkan pada Peraturan MenLHK Nomor P.10/Menlhk/Setjen/OTL.0/1/2016 tanggal 29 Januari 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja BPDASHL serta Surat Keputusan Dirjen PDASHL Nomor SK. 18/PDASHL/SET/DAS.2/7/2016 tanggal 20 Juli 2016 tentang Pendelegasian Sebagian Kegiatan Dalam Pelaksanaan Fungsi Perbenihan Tanaman Hutan Kepada BPDASHL, maka BPDASHL Barito Kalimantan Selatan mengambil inisiatif melakukan studi banding (18/10/2016) terkait evaluasi kinerja Perbenihan yang telah dilakukan selama kurun waktu 2016 serta memperkaya bekal informasi untuk keberlanjutan tugas Perbenihan tahun 2017 mendatang. Adapun lokasi studi banding yang dituju adalah BPDASHL Brantas di Jawa Timur dan BPTH Wilayah II di Sulawesi Selatan yang telah meraih prestasi Juara I dan II Pengelolaan Persemaian Permanen Tingkat Nasional Tahun 2015.

Continue reading

Kiprah BPDASHL Barito Dalam Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Hutan

KIPRAH BPDASHL BARITO DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEKITAR HUTAN

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) mempunyai program Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) pada DAS yang telah ditetapkan sebagai DAS Prioritas Nasional, termasuk diantaranya adalah DAS Barito yang melewati dua provinsi yaitu Provinsi Kalimantan Selatan, pada bagian Tengah dan Hilir DAS, serta Provinsi Kalimantan Tengah, pada bagian Hulu DAS. Salahsatu upaya dalam Program Pemulihan DAS tersebut adalah kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) yang mempunyai dimensi kegiatan berupa penanaman pohon pada lahan-lahan kritis DAS, pemberian insentif bagi kelompok tani RHL, peningkatan kapasitas anggota maupun kelompok tani RHL, dan fasilitasi sarana-prasarana pendukung RHL. Adapun wujud kegiatan tersebut di atas dibungkus dalam beberapa paket/skema kegiatan berupa 1) Kebun Bibit Rakyat (KBR) 2) Pengembangan Perhutanan Masyarakat Pedesaan Berbasis Konservasi (PPMPBK) 3) Bantuan bibit penghijauan 4) Pembibitan pada Areal Kerja Hutan Kemasyarakatan; dan 5) Fasilitasi Pengembangan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK).

Continue reading

Tanam Pohon Dalam Rangka Peringatan Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Hari Ozon Internasional di TAHURA Sultan Adam

Tanam Pohon Dalam Rangka Peringatan Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Hari Ozon Internasional di TAHURA Sultan Adam

Areal penanaman bibit pohon di TAHURA Sultan Adam

Rimbawan Kalsel yang difasilitasi oleh BPDASHL Barito melaksanakan Peringatan Hari Penanggulangan Degradasi Lahan (WDCD 17th June) dan Hari Ozon Internasional (16th September) dengan kegiatan jalan santai, ramah tamah sekaligus penanaman pohon di kawasan TAHURA Sultan Adam, Kab. Banjar pada Hari Sabtu, 17 September 2016; sebagaimana yang telah diinstruksikan Direktur Perencanaan Dan Evaluasi DAS, Ditjen PDASHL, KemenLHK Nomor S.151/PEPDAS/P2DAS/DAS.0/5/2016 tanggal 17 Mei 2016 perihal tersebut di atas.

Continue reading

Kehutanan Kalsel Expo 2016 (Booth Runner Up)

ETALASE BANUA, Kompas TV Banjarmasin

Kehutanan Kalimantan Selatan turut berpartisipasi dalam acara Kalsel Expo 2016 tanggal 5-9 Agustus 2016 di Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan.
Tema yang ditampilkan dalam acara kali ini adalah Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) berupa produk jadi dan siap di pasarkan, kegiatan Rehabilitasi hutan dan Lahan serta destinasi wisata alam dengan spot yang menantang dan mengagumkan yang berada di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.

Continue reading

Kemeriahan Kemerdekaan RI Ke-71 di BPDASHL Barito

Banjarbaru, Pada hari Rabu tanggal 17 Agustus 2016, bertempat di halaman kantor Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan dilaksanakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71. Upacara yang diikuti oleh Pejabat dan Staf Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang berada di Kalimantan Selatan dan Dinas Kehutanan Provinsi dan Daerah khusus Banjarbaru berlangsung dengan khidmat.

upacara HUT RI 1

Continue reading

Pembekalan Pembuatan dan Penanaman Kebun Bibit Rakyat Tahun 2016

PEMBEKALAN PEMBUATAN DAN PENANAMAN KEBUN BIBIT RAKYAT TAHUN 2016

Oleh : Sri Widiyaningsih, S.Sos

“Pembangunan Kebun Bibit Rakyat (KBR) merupakan salah satu program Pemerintah dalam rangka penyediaan dan pemenuhan kebutuhan  bibit bagi masyarakat yang dilaksanakan secara swakelola oleh kelompok masyarakat, dimana masyarakat sebagai perencana, pelaksana dan sekaligus sebagai pengawas dalam kegiatan dilangan”

Hal ini di sampaikan oleh Ir. Untung Lusianto, Msi pada acara pembukaan dan pemberian materi  “Kebijakan  Pembangunan  Kebun Bibit Rakyat Tahun 2016” di Wisma Abadi, Martapura Kabupaten  Banjar.

Pembekalan teknis dan administrasi pembuatan dan penanaman KBR Tahun 2016  wilayah kerja BPDASHL Barito direncanakan akan dilaksanakan selama 2 hari  yaitu mulai  tanggal21 Juli s/d 22 Juli 2016.Dalam sambutannya Kepala Balai mengatakan bahwa salah satu program peningkatan fungsi dan daya dukung DAS berbasis pemberdayaan masyarakat pada 108 DAS prioritas adalah Program Pembangunan Kebun Bibit Rakyat (KBR) yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P.24/Menhut-II/2010 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kebun Bibit Rakyat sebagaimana telah diubah dari tahun ke tahun dan sekarang ini diatur dengan Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P.49/MenLHK/Setjen/Das.2/5/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kebun Bibit Rakyat.

Continue reading

Kehutanan Kalimantan Selatan Pada KALSEL EXPO Tahun 2016

admin   10/08/2016   Comments Off on Kehutanan Kalimantan Selatan Pada KALSEL EXPO Tahun 2016
Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin beserta Ibu, saat meninjau stand Kehutanan Kalsel didampingi Ir. H. Untung Lusianto, selaku Ketua Panitia Pelaksana Pameran Kehutanan, dan Duta Bekantan.

Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin beserta Ibu, saat meninjau stand Kehutanan Kalsel didampingi oleh Ir. H. Untung Lusianto, selaku Ketua Panitia Pelaksana Pameran Kehutanan, dan Duta Bekantan.

Stand Pameran Kehutanan Kalimantan Selatan pada Kalsel Expo 2016 di Lapangan Moerdjani Banjarbaru dari tanggal 5 hingga 9 Agustus 2016 menampilkan informasi terkait Wisata Alam, Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK), dan keberhasilan program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL). Hal ini sesuai dengan arahan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan bahwa kondisi hutan di Kalimantan Selatan yang cukup memprihatinkan sehingga perlu mendapat perhatian lebih untuk menampilkan peluang-peluang pembangunan kehutanan sekaligus menawarkan terobosan guna pengembangan lebih lanjut.

Tema Wisata Alam menampilkan eksisting pengelolaan tempat wisata hutan seperti Hutan Pinus Kota Banjarbaru, TWA Pantai Pelaihari, TWA Pulau Bakut (Batola), TWA Pulau Kembang (Batola), Air Terjun Haratai, Air Terjun Sumaragi, Air Terjun Buangan Bangkui, Gua Batu Bini di KPHL HSS, dan Tahura Sultan Adam. Potensi lain yang layak dikembangkan seperti kawasan hutan karst, KPHL HST, KPHL Sengayam dan wisata mangrove.

Continue reading

Rapat Finalisasi Pameran Kalsel Expo Tahun 2016

admin   10/08/2016   Comments Off on Rapat Finalisasi Pameran Kalsel Expo Tahun 2016

rapat expo 3

Rapat Finalisasi Pameran Kalsel Expo Tahun 2016

Pada hari Senin tanggal 01 Agustus 2016 dilakukan rapat finalisasi persiapan pameran Kalsel Expo Tahun 2016 di Aula BPDASHL Barito yang dipimpin oleh Wakil Ketua Pameran Kalsel Expo Tahun 2016 yaitu Bapak Ir. Akhmad Ridani, MP pada pukul 10.00 WITA. Rapat finalisasi ini dihadiri oleh Kehutanan Kalimantan Selatan yaitu Dishutprop Kalsel, BPHP Wil. IX, BPDASHL Barito, BKSDA Kalsel, BPKH Wil. V, BP2LHK, BPSKL Kalimantan, TAHURA Sultan Adam, BPPHH Barito Muara, Distanhut Kota Banjarbaru, dan beberapa mitra kehutanan.

rapat expo 1

Continue reading